Monitoring Perencanaan Puskeswan di Pasar Hewan Munggi Semanu

          Dinas Perindustrian dan Perdagangan melalui Bidang Pengelolaan Pasar, Seksi Sarana dan Prasarana bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 5  April 2019 melakukan monitoring perencanaan Puskeswan di Pasar Hewan Munggi Kecamatan Semanu.

              Dalam kunjungan tersebut tim menekankan bahwa pasar hewan bisa dijadikan sebagai tempat untuk bertransaksi  yang lebih aman dan sehat. Pasar hewan harus menyediakan sarana kesehatan untuk hewan yang diperjual belikan, mengingat hewan yang diperjual belikan tidak hanya didatangkan dari wilayah Gunungkidul saja, sebagian ada yang dari daerah Wonogiri dan Pacitan. Ketersediaan Puskeswan disertai peralatan yang memadai dan didukung oleh tenaga kesehatan hewan terampil dan berpengalaman menjadi prioritas utama.

         Dalam kegiatan monitoring tersebut, Tim menyepakati untuk menggunakan gedung kantor Pasar Hewan Munggi sebagai Puskeswan. Kondisi fisik dari bangunan tersebut relatif masih baik, karena baru dibangun pada tahun 2015, hanya perlu memperbaruhi cat dan menambah ventilasi udara. Perlu diketahui di Pasar Hewan Munggi terdapat dua bangunan kantor, yang satu dipergunakan sebagai kantor untuk petugas retribusi pasar., sedang yang satunya dijadikan gudang. Dan yang dijadikan gudang inilah rencananya yang akan dirubah fungsi menjadi Puskeswan.

              Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul,  Johan Eko Sudarto, S.Sos, MH berharap supaya kedepan setiap pembangunan pasar hewan harus sudah menyediakan bangunan khusus untuk pelayanan kesehatan hewan, sehingga  dapat dipastikan kesehatan hewan yang akan diperjual belikan dalam keadaan baik, dan sekaligus untuk menanggulangi penularan penyakit pada hewan. [ Sarpras ]

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

12 Juni 2019
GUNUNGKIDUL EXPO 2019
17 Juli 2018
GEBYAR BATIK 2018
semua download

Download

Statistik

003788

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 3788
Hits hari ini : 104
Total Hits : 53011
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat