PEMBINAAN SENTRA INDUSTRI BAMBU DIWARNAI DENGAN DISKUSI YANG MENARIK DAN HIDUP

Selasa, 23 Juli 2019

Administrator

Informasi

Dibaca: 75 kali

    Dalam rangka pendampingan dan pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Gunungkidul, seksi Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul melakukan pembinaan sentra industri bambu di Padukuhan Ngampiran Desa Melikan Kecamatan Rongkop. Pembinaan dilakukan oleh Kasi Industri Hasil Hutan dan Perkebunan (IHHP), Retna Dewi Wuspada, SP, M.Si beserta staf pada tanggal 21 Juni 2019.

        Pengrajin IKM yang berada di sentra kerajinan bambu Padukuhan Ngampiran Desa Melikan Kecamatan Rongkop ini mayoritas memproduksi tambir, tampah, irig, dan berbagai alat rumah tangga fungsional lainnya.  Setahun yang lalu kelompok IKM di sentra ini mendapatkan pelatihan pembuatan sangkar burung yang sama-sama berbahan dasar bambu. Dengan diberikannya pelatihan tersebut diharapkan pengrajin dapat mengenal diversifikasi produk dan dapat menambah penghasilan keluarga.

       Pada kegiatan pembinaan sentra ini para pengrajin dimotivasi untuk dapat membuat produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. “Kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk bisa bertumbuh dan berkembang. Monggo Bpk Ibu tetap bisa memproduksi alat-alat rumah tangga fungsional karena sudah punya pasar, namun Penjenengan juga harus berkembang dengan memproduksi produk lain yang inovatif untuk memperluas pasar dan memangkap peluang maraknya industri pariwisata saat ini. Bila dirasa perlu pelatihan lagi, monggo diusulkan melalui musrenbag desa, kawal terus agar ter-entry di aplikasi e-planning nya desa, dan silahkan membuat proposal kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul” ujar Retna Dewi Wuspada, Kasi IHHP pada saat memberikan materi pembinaan.

      Pada kesempatan tersebut juga dibuka ruang diskusi untuk dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi pengrajin untuk selanjutnya dicari solusi bersama. Diskusi berlangsung cukup hidup dan menarik, sehingga pembinaan dapat mengena bagi seluruh pengrajin bambu di Padukuhan Ngampiran, Desa Melikan, Kecamatan Rongkop ini.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

12 Juni 2019
GUNUNGKIDUL EXPO 2019
17 Juli 2018
GEBYAR BATIK 2018
semua download

Download

Statistik

003838

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 3838
Hits hari ini : 395
Total Hits : 65752
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat