Pelatihan Kerajinan Kain Perca di Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan

Selasa, 17 September 2019

Administrator

Informasi

Dibaca: 614 kali

Kain yang merupakan kain sisa dari pembuatan pakaian, potongan-potongan kain tersebut dinamakan kain perca. Bagi perusahaan konveksi maupun tukang jahit, kain tersebut termasuk limbah dan harus dibuang. Namun, bagi mereka yang mengetahui bahwa memanfaatkan kain perca termasuk peluang sangat besar untuk dijadikan suatu bisnis. Dalam artian, kita dapat memanfaatkan kain perca tersebut menjadi suatu barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan serta menumbuhkan wira usaha baru di Desa Karangduwet, Kecamatan paliyan, Dinas perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul melalui Seksi Industri Sandang Kulit Logam dan Aneka (ISAKULA) melaksanakan pelatihan kerajinan dari kain perca diwilayah tersebut. Dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 10 sd 14 September 2019, mengenai pemanfaatan dan inovasi produk kerajinan dari kain perca.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Bapak Kun Muryono, ST.MM, beliau selaku Kepala seksi industri sandang kulit logam dan aneka, bidang Perindustrian pada tanggal 10 September 2019, dihadiri juga pihak dari Kecamatan Panggang, staf bidang perindustrian dan perwakilan dari Desa Karangduwet. Pada pelatihan tersebut kain perca dijadikan kerajinan berupa barang-barang souvenir seperti gantungan kunci, dompet, tempat STNK, tas, dll. Hasil dari memanfaatkan kain perca tersebut juga tidak kalah bagus dengan barang-barang yang dibuat dengan kain mahal. Justru membuat barang dengan kain perca akan memiliki nilai plus, yaitu memiliki nilai seni.

Dari pelatihan yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menghasilkan IKM baru yang berkualitas di Desa Karangduwet. Sehingga dengan adanya bekal berupa ketrampilan yang diperoleh, ibu-ibu disana dapat membuat produk kerajinan sendiri dari kain perca, bahkan mampu memasarkan untuk menambah penghasilan keluarga. Disamping itu semoga dengan tumbuhnya IKM baru diwilayah selatan dapat mendukung sektor pariwisata yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul melalui industri kerajinan.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

023599

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 23599
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat