PELATIHAN KERAJINAN BAMBU SANGKAR BURUNG DI NITIKAN SEMANU

Rabu, 12 Desember 2018

Administrator

Informasi

Dibaca: 465 kali

Dalam rangka peningkatan ketrampilan, pengetahuan,  dan kualitas produk pengrajin sangkar burung di Padukuhan Nitikan, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul melakukan pelatihan kerajinan bambu / sangkar burung, khususnya oleh Seksi Industri Hasil Hutan dan Perkebunan. Pelatihan tersebut menyasar para pengrajin Industri Kecil Menengah (IKM) sangkar burung (sebanyak 20 Orang peserta), dengan materi utama pelatihan pembuatan sangkar burung bulat. Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari yakni tanggal 12 – 16 November 2018.

 Pada pelatihan ini Narasumber yang menyampaikan materi berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul, yakni drh. Krisna Berlian (Plt. Kepala Dinas Perindag), Wibawanti Wulandari, SP (Kabid Perindustrian Dinas Perindag), dan Retna Dewi Wuspada, SP, M.Si (Kasi Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Dinas Perindag). Hadir pula Narasumber dari Kecamatan Semanu, yakni Bpk. Ngateno (Kasi PMD Kecamatan Semanu) dan menghadirkan Instruktur Pengrajin Sangkar Burung Bulat dari Pandak, Bantul  (Bpk. Nurjiyanto). Narasumber dari Dinas Perindag dan Kecamatan Semanu memberikan materi mengenai Motivasi Usaha, Inovasi Produk, Prospek Industri Sangkar Burung, Legalitas Usaha, Manajemen Keuangan dan Manajemen Produksi IKM, sedangkan materi praktek dari instruktur adalah pembuatan sangkar burung  bulat dan pelatihan ukir pada sangkar burung.

Selama ini pengrajin IKM sangkar burung di Nitikan, Semanu baru bisa memproduksi sangkar burung kotak dan masih dalam bentuk bahan mentah, dengan nilai jual yang cukup murah, berkisar antara Rp. 40.000,- s/d Rp. 70.000, per buah. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pengrajin sangkar burung di Nitikan, Semanu dapat bertambah ketrampilan dan pengetahuannya sehingga dapat membuat produk yang inovatif dan beragam, sehingga dapat menambah penghasilan para pengrajin tersebut.  Disamping menambah ketrampilan dan pengetahuan pengrajin, diharapkan terjadi proses jejaring antara peserta dan instruktur pelatihan, dimana instruktur pelatihan adalah pengrajin sangkar burung bulat yang telah sukses dan mendapatkan order dari seluruh Indonesia, untuk itu diharapkan terjadi kerjasama  antara pengrajin dengan instruktur pelatihan. Peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi supplier produk bagi instruktur, sehingga proses pemasaran produk dari pengrajin IKM Nitikan Semanu dapat lebih mudah (melalui instruktur pelatihan tersebut). Pada pelatihan ini produk yang dihasilkan adalah : sangkar burung bulat ukir, sangkar burung bulat rangka rotan, dan sangkar burung bulat kombinasi.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

12 Juni 2019
GUNUNGKIDUL EXPO 2019
17 Juli 2018
GEBYAR BATIK 2018
semua download

Download

Statistik

003698

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 3698
Hits hari ini : 61
Total Hits : 32383
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat