Pembinaan Calon Sentra Batik di Desa Siraman, Kecamatan Wonosari

Jumat, 25 Januari 2019

Administrator

Informasi

Dibaca: 467 kali

Perkembangan batik di Kabupaten Gunungkidul terus berkembang dengan pesat. Indikasinya saat ini hampir di beberapa wilayah terdapat IKM batik baru yang bermunculan, terutama untuk batik tulis dan cap. Salah satunya adalah kelompok batik “SELO SIRATU” yang berlokasi di Padukuhan Siraman I, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, kelompok tersebut merintis usaha batik sejak tahun 2015 hingga sekarang dan sudah meiliki motif sendiri yang menjadi ciri khas daerah setempat yaitu motif orang menggergaji batu dan pohon beringin bentuk dari visualisasi kegiatan masyarakat dengan pekerjaan menggergaji batu, adapun pohon beringin adalah pohon yang banyak tumbuh di sana sebagai ikon  batik siraman.

Dalam rangka pengembangkan industri batik, Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan Pembinaan Calon Sentra Batik di Desa Siraman, Kecamatan Wonosari yang dilaksanakan kemarin pada hari Kamis, 24 Januari 2019 bertempat di Balai Padukuhan Siraman I. Banyak hal disampaikan oleh narasumber dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul antara lain tentang Organisasi Industri, Motivasi dan Ilmu Ergonomi yang diharap mampu menjadikan motivasi bagi mereka, menambah wawasan dan memberikan informasi yang berguna.

 Dari kegiatan tersebut dapat diketahui beberapa kendala yang dihadapi oleh IKM batik disana antara lain seperti yang disampaikan oleh Ibu Martinem selaku ketua kelompok batik SELO SIRATU “Karena masih tergolong baru, kelompok kami masih memerlukan pembinaan dan pendampingan dari Pemerintah atau Instansi terkait, baik berupa pelatihan pewarnaan, batuan peralatan membatik serta pendampingan yang berkelanjutan” ujarnya. (di)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

021982

Pengunjung Hari ini :
Total pengunjung : 21982
Hits hari ini :
Total Hits :
Pengunjung Online :

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat