Pembinaan Calon Sentra Industri Tas di Desa Botodayakan

Rabu, 13 Februari 2019

Administrator

Informasi

Dibaca: 128 kali

Kecamatan Rongkop yang letaknya berada di daerah perbatasan kurang lebih 35 KM dari kota Wonosari, merupakan salah satu Kecamatan Pengembangan Iptek, karena mempunyai potensi daerah yang mendukung. Terlebih dengan adanya pembangunan Jalur Lintas Selatan sehingga memudahkan akses jalan untuk menuju kesana. Tidak hanya tempat wisata Kecamatan Rongkop juga memiliki beberapa potensi industri antara lain industri Olahan makanan, kerajinan bambu, industri batik dan juga industri kerajinan tas.

Dari beberapa potensi industri yang ada, kerajinan tas menjadi salah satu produk unggulan dari Kecamatan Rongkop. Berpusat di Desa Botodayakan, disana terdapat kelompok industri kerajinan tas yang bernama “KELOMPOK CERIA” sudah exsis dan mampu menghasilkan berbagai jenis/model tas. Dari tas Ransel, tas Slempang/waist bag, tas Laptop, berbagai model tas wanita dan tas yang berbahan baku dari kulit kayu menjadi produk baru mereka. Dari usaha kerajinan rumahan ini ternyata mampu menyerap tenaga kerja dan dapat meningkatkan penghasilan warga sekitar.

Dalam rangka mengembangkan potensi industri yang ada di Kecamatan tersebut, Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan program kegiatan Pembinaan Sentra dan Calon Sentra. Kegiatan tersebut dilaksanakan kemarin pada hari Selasa, 12 Februari 2019 bertempat di rumah Bapak Agus Subroto selaku Ketua kelompok. Beberapa hal yang disampaikan oleh Dinas, yaitu tentang Organisasi Industri, Ergonomi dan ilmu tentang manajemen diharapkan dapat menambah pengetahuan para pelaku usaha disana.

“Kun Muryono, selaku Kepala Seksi Industri Sandang Kulit Logam dan Aneka mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk sharing dan secara langsung dapat mengetahui kendala apa yang dihadapi serta harapan yang diinginkan oleh kelompok untuk mengembangkan usahanya.”

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

12 Juni 2019
GUNUNGKIDUL EXPO 2019
17 Juli 2018
GEBYAR BATIK 2018
semua download

Download

Statistik

003753

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 3753
Hits hari ini : 161
Total Hits : 45540
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat