Pembinaan Sentra Industri Kerajinan Tembaga di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari

Kamis, 14 Februari 2019

Administrator

Informasi

Dibaca: 219 kali

Rabu, 13 Februari 2019 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul melalui Seksi Industri Sandang Kulit Logam dan Aneka, Bidang Perindustrian melaksanakan kegiatan Pembinaan Sentra Industri Tembaga di Padukuhan Ngepoh, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini, diikuti oleh 20 orang pengrajin tembaga yang ada di daerah tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pengrajin mengenai pentingnya suatu kelembagaan, pengendalian mutu, desain, inovasi produk dan daya saing bagi Industri Kecil Menengah (IKM).

Dari kegiatan pembinaan sentra tersebut ada beberapa permasalahan penting yang memerlukan perhatian secara serius. Seperti rendahnya kinerja dan mutu produk IKM, ketrampilan kerja pengrajin, dan pengelolaan atau manajemen usaha yang masih tradisional. Dalam hal ini terutama manajemen keuangan dan juga produk yang dihasilkan seperti bross, gelang, stiger trap, cincin dan lain-lain masih setengah jadi. Mereka belum bisa membuat barang jadi karena terkendala alat krom/electroplating alat untuk memberi lapisan krom pada tembaga. Sehingga sampai saat ini pengrajin disana masih menjual produknya dalam bentuk setengah jadi.

Karena itu, perlu adanya rangsangan agar para pengrajin bisa berkreasi, melalui program dari pemerintah yang sangat diperlukan bagi tumbuh kembangnya IKM kerajinan tembaga di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari khususnya.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

12 Juni 2019
GUNUNGKIDUL EXPO 2019
17 Juli 2018
GEBYAR BATIK 2018
semua download

Download

Statistik

003753

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 3753
Hits hari ini : 173
Total Hits : 45552
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website DISPERINDAG ?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat